Sabtu, 8 Mac 2014

Bukit Tinggi Padang

Kota Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera BaratIndonesia.[2] Kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masaPemerintahan Darurat Republik Indonesia.[3] Kota ini juga pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah.[4]
Bukittinggi pada zaman kolonial Belanda disebut dengan Fort de Kock dan dahulunya dijuluki sebagai Parijs van Sumatra selain Kota Medan.[5]Kota ini merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia, di antaranya adalah Mohammad Hatta dan Assaat yang masing-masing merupakan proklamator dan pejabat presiden Republik Indonesia.
Selain sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata yang berhawa sejuk, dan bersaudara (sister city) dengan Serembandi Negeri SembilanMalaysia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam. Tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah Jam Gadang, yaitu sebuah menara jam yang terletak di jantung kota sekaligus menjadi simbol bagi kota yang berada di tepi Ngarai Sianok.
Kota Bukittinggi
Berkas:Bukittinggi from Limpapeh Bridge (1).JPG
                                                      Pemandangan kota dari atas Jembatan Limpapeh

Air Terjun Anai
Clock tower and main square


Jam Gadang (Minangkabau bagi "jam besar") 
ialah sebutan bagi menara jam besar yang dibina oleh penjajah Belanda pada 1926 di Bukittinggi,
File:BukittinggiMosque.jpg
Mesjid Di Tengah Bukit Tinggi
File:HIMPUNAN BERSATU TEGUH.JPG
Himpunan Bersatu Teguh

Istana Bung Hatta 
terletak di atas Bukit TinggiSumatera Barat,Indonesia. Ia merupakan galeri menempatkan pelbagai barangan peninggalan , gambar, buku dan cenderamata yang dimiliki oleh Hatta. Mohammad Hatta merupakan Timbalan Presiden Indonesia yang pertama. Sebuah tugu Hatta dibina di hadapan istana ini bagi mengenang jasa pejuang kemerdekaan berdarah Indonesia ini.

Berkas:Bukittinggi walikota.JPG
Balai kota Bukittinggi

Lawatan B/T/P 1

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Disini pun ada cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...